Kebersamaan di UNS

Kebersamaan di UNS
Narsong dikit di Shelter

Jumat, 26 September 2014

KKO



I. Daftar kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam perumusan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kata Kerja Operasional

Standar kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendefinisikan '

Menunjukkan

Menerapkan

Membaca

Mengkoristruksikan

Menghitung

Mengidentifikasikan

Menggambarkan

Mengenali

Melafalkan

Menyelesaikan

Mengucapkan

Menyusun

Membedakan



Mengidentifikasikan



Menafsirkan



Menerapkan



Menceriterakan



Menggunakan



Menentukan



Menyusun



Menyimpulkan



Mendemonstrasikan



Menterjemahkan



Merumuskan



Menyelesaikan



Menganalisis



Mensintesis



Mengevaluasi

Keterangan :
1.   Satu kata kerja tertentu (misal mengidentifikasikan) dapat dipakai pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Perbedaannya adalah pada Standar Kompetensi cakupannya lebih luas dari Kompetensi Dasar.
2.   Satu butir Standar Kompetensi dapat dipecah menjadi 3 sampai 6 butir atau lebih Kompetensi Dasar.
3.   Satu butir Kompetensi Dasar nantinya harus dapat dipecah menjadi minimal 2 butir indikator.
4.   Pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum memuat indikator secara rinci.

II. Contoh Daftar Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif
Pengetahuan

Pemahaman

Penerapan

Analisis
Sintesis
Kreatifitas

Mengutip

Menperkirakan

Menugaskan

Menganalisis

Mengabstraksi

Membandingkan

Menyebutkan

Menjelaskan

Mengurutkan

Mengaudit

Mengatur

Menyimpulkan

Menjelaskan

Mengkategorikan

Menentukan

Memecah

Menganimasi

Menilai

Menggambar

Mmencirikan

Menerapkan

Menegaskan

Mengumpulkan

Mengarahkan

Membilang

Merinci

Menyesuaikan

Mendeteksi

Mengkategorikan

Mengkritik

Mengidentifikasi

Mengasosiasikan

Mengkalkulasi

Mendiagnosis

Mengkode

Menimbang

Mendaftar

Membandingkan

Memodifikasi

Menyeleksi

Mengombinasikan

Memutuskan

Menunjukkan

Menghitung

Mengklasifikasi

Memerinci

Menyusun

Memisahkan

Member! label

Mengkontraskan

Menghitung

Menominasikan

Mengarang

Memprediksi

Member! indek

Mengubah

Membangun

Mendiagramkan

Membangun

Memperjelas

Memasangkan

Mempertahankan

Membiasakan

Mengorelasikan

Menanggulangi

Menugaskan

Menamai

Menguraikan

Mencegah

Merasionalkan

Menghubungkan

Menafsirkan

Menandai

Menjalin

Mengambarkan

Menguji

Menciptakan

Mempertahankan

Membaca

Membedakan

Menggunakan

Mencerahkan

Mengkreasikan

Merinci

Menyadari

Mendiskusikan

Menilai

Menjelajah

Mengoreksi

Mengukur

Menghafal

Menggali

Melatih

Membagankan

Merancang

Merangkum

Meniru

Mencontohkan

Menggali

Menyimpulkan

Merencanakan

Membuktikan

Mencatat

Menerangkan

Mengemukakan

Menemukan

Mendikte

Mendukung

Mengulang

Mengemukakan

Mengadaptasi

Menelaah

Meningkatkan

Memvalidasi

Mereproduksi

Mempolakan

Menyelidiki

Memaksimalkan

Memperjelas

Mengetes

Meninjau

Mcmperluas

Mengopcrasikan

Memcrintahkan

Mem fusil has!

Memilih

Memilih

Menyimpulkan

Mempersoalkan

Mengedit

Membentuk

Memproyeksi

Menyatakan

Meramalkan

Mengkonsepkan

Mengaitkan

Merumuskan



Mempelajari

Merangkum

Melaksanakan

Memilih

Menggeneralisasi

Menginternalisasikan

Mentabulasi

Menjabarkan

Meramalkan

Mengukur

Menggabungkan



Member! Kode



Memproduksi

Melatih

Memadukan



Menulis



Memproses

Mentransfer

Membatasi







Mengaitkan



Mereparasi







Menyusun



Menampilkan







Mensimulasikan



Menyiapkan







Memecahkan



Memproduksi







Melakukan



Merangkum







Mentabulasi



Mengkostruksi




III. Contoh Daftar Kata Kerja Operasional Untuk Ranah Psikomotor
Peniruan

Manipulasi

Artikulasi

Pengalamiahan

Mengaktifkan                          x     ,

Mengoreksi

Mengalihkan

Mengalihkan

Menyesuaikan

Mendemonstrasikan

Menggantikan

Mempertajam

Menggabungkan

Merancang

Memutar

Membentuk

Melamar

Memilah

Mengirim

Memadankan

Merigatur

Melatih

Memindahkan

Menggunakan

Mengumpulkan

Memperbaiki

Mendorong

Memulai

Merimbang

Mengidentifikasikan

Menarik

Menyetir

Memperkecil

Mengisi

Memproduksi

Menjeniskan

Membangun

Menempatkan

Mencampur

Menempel

Mengubah

Membuat

Mengoperasikan

Mensketsa

Membersihkan

Memanipulasi

Mengemas

Melonggarkan

Memposisikan

Mereparasi

Membungkus

Menimbang

Mengkonstruksikan

Mencampur






IV. Contoh Daftar Kata Kerja Operasional Untuk Ranah Afektif
Menerima
Menanggapi
Menilai
Mengelola
Menghayati
Memilih

Menjawab

Mengasumsikan

Menganut

Mengubah prilaku



Mempertanyakan

Membantu

Meyakini

Mengubah

Berbuat sesuai akhlak mulia

Mengikuti

Mengajukan

Melengkapi

Menata

Mempengaruhi

Memberi

Mengompromikan

Meyakinkan

Mengklasifikasikan

Mendengarkan

Menganut

Menyenangi

Memprakarsai

Mengombinasikan

Mengkualifikasi

Mematuhi

Menyambut

Mcngimani

Mempertahankan

Melayani

Meminati

Mendukung

Mengundang

Membangun

Menunjukkan



Menyetujui

Menggabungkan

Membentuk pendapat

Membuktikan



Menampilkan

Memperjelas

Memadukan

Memecahkan






Melaporkan

Mengusulkan

Mengelola







Memilih

Menekankan

Menegosiasikan





Mengatakan

Menyumbang

Merembuk





Memilah









Menolak












V. NILAI-NILAI  DALAM  PENDIDIKAN BUDAYA dan KHARAKTER BANGSA

NILAI
DESKRIPSI
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12.Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13.Bersahabat/
Komuniktif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.



















NILAI  KARAKTER (AFEKTIF)
1. Religius
7. Mandiri
13. Bersahabat/Komunikatif
2. Jujur
8. Demokratis
14. Cinta Damai
 3. Toleransi
9. Rasa Ingin Tahu
15. Gemar Membaca
4. Disiplin
10. Semangat Kebangsaan
16. Peduli Lingkungan
5. Kerja Keras
11. Cinta Tanah Air
17. Peduli Sosial
6. Kreatif
12.Menghargai Prestasi
18. Tanggung-jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar